Sudahkah Kita Menyadari Pentingnya Tartil Dalam Membaca Al-Quran?

Apa itu tartil? Tartil adalah bacaan Al-Quran yang disampaikan dengan pelan namun beraturan sesuai hukum-hukumnya. Tartil merupakan salah satu dari kunci utama untuk menuju kemudahan dalam memahami Al-Quran dan juga bagi kesejukan hati. 
Allah memberikan keistimewaan untuk manusia yang membaca Al-Quran dengan tartil. Dalam Al-Qur’an Surah Al-Muzzammil ayat 4, Allah menyebutkan bahwa mereka yang mengerjakan shalat dengan berjama’ah dan tartil, ia akan mendapatkan pahala yang berlipat kali ganda. 
Membaca Al-Quran dengan tartil tidaklah sulit. Namun, kita harus memperhatikan beberapa hal yang berhubungan dengan hukum membaca Al-Quran seperti tartil, tajwid, dan imla'. 
Al-Quran seharusnya dihayati dan diyakini oleh setiap muslim. Belajar tajwid dan tartil Al-Quran dapat membantu kita untuk mencapai tujuan tersebut. Diantara cara-cara yang dapat kita lakukan adalah dengan mendengarkan para Qori-Qori di radio, menonton video-video, ataupun membaca buku-buku tentang tajwid dan tartil. 
Jika kita bersungguh-sungguh dan berusaha untuk memahami hukum tajwid dan tartil Al-Quran, kita dapat membaca Al-Quran dengan lancar. Kita dapat membaca Al-Quran secara beriringan tanpa khawatir tentang tajwid dan tartil. Jadilah manusia yang berbakti kepada Allah dengan membaca Al-Quran dengan tartil. 
Semoga Allah memberikan kemudahan kepada kita semua, dan mengampuni kesalahan kita. Aamiin.

Posting Komentar

thanks for your comment on 4Fatih

Lebih baru Lebih lama