-->

5 Beban Berat yang Hanya Dirasakan oleh Anak Pertama, Penuh Suka Duka!

5 Beban Berat yang Hanya Dirasakan oleh Anak Pertama, Penuh Suka Duka!

Anak pertama atau anak sulung memiliki suka dan duka yang berkesan. Perlakuan yang didapat dari orangtua juga biasanya lebih besar karena perasaan memiliki buah hati untuk pertama kalinya gak bisa terbendung.

Dikenal sebagai anak yang paling menerima banyak kasih sayang mau pun materi dari orangtua, ternyata anak pertama memikul beban berat.

Jarang ditunjukkan di depan orang banyak, berikut lima dari sekian banyak beban berat yang hanya dirasakan oleh anak pertama.

1. Menanggung Harapan Besar Dari Keluarga


Sebagai anak pertama di keluarga pasti orangtua punya harapan besar terhadap kehidupan yang akan dijalani sang anak. Mulai dari urusan sekolah, pekerjaan hingga kebiasaan-kebiasaan kecil yang dilakoni sehari-hari. Anak pertama seolah menerima mandat terbesar untuk bisa mewujudkan semua yang dicita-citakan oleh orangtua.

2. Memikirkan Kebahagiaan Adik-Adik


Meskipun kondisi keuangan orangtua masih tergolong stabil dan mencukupi, tetapi sang anak pertama menyimpan sedikit beban tentang kebahagiaan adik-adiknya. Contoh sepele ketika kakak berusaha membelikan barang dari tabungan pribadinya sendiri, dengan begitu lebih banyak uang yang harus ia kumpulkan dibanding untuk dirinya sendiri.

3. Ada Tekanan Untuk Bisa Jadi Sosok Teladan


Bersikap sebagai yang tertua dalam hubungan kakak beradik bukan hal yang mudah. Kakak harus pandai mengalah, mau berbagi, bersikap rapi dan hal baik lain agar bisa memberi contoh yang baik untuk adik-adiknya. Sisi egois anak pertama sangat diasah hingga bisa menjadi teladan yang dibanggakan orangtua.

4. Ketakutan Gagal yang Lebih Besar


Karena semua tekanan ada di pundaknya, anak pertama sering merasa memiliki ketakutan berlebih terhadap apa yang mereka sedang kerjakan. Bayangan rasa kecewa orangtua dan malu di hadapan adik-adiknya sedikit banyak menekan dirinya untuk bekerja lebih keras hingga sukses.

5. Harus Banyak Mengalah Demi Berbagai Hal


Seperti yang ada di penjelasan sebelumnya, menjadi anak pertama berarti harus menekan ego diri sendiri. Anak pertama harus banyak mengalah demi berbagai hal. Seperti mengalah mengesampingkan impiannya yang bertentangan dengan orangtua, mendahulukan adik-adik yang masa depannya masih panjang, hingga tuntutan lain yang memaksanya mau gak mau melakukan sesuatu.

Buat kamu yang juga anak pertama, mana beban berat yang paling sering membuatmu tertekan dan sering merasa kesulitan?

Sumber : indtimes

Showbiz
  • Dapatkan Info Terbaru Seputar Dunia Android dan Termux
  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah seseorang yang pintar dalam dunia teknologi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Data Covid 19 Update

Iklan Bawah Artikel